Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog - Sekarang ini media internet sangat digemari oleh hampir seluruh orang indonesia bahkan dunia karena fitur didalamnya yang sangat menarik dan informatif. Dalam perkembangan internet beberapa media-pun diciptakan, salah satunya yaitu Blog.

Blog merupakan media yang digunakan untuk berbagi informasi sesama blogger yang dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Pembuatan Blog susah susah gampang, karena bagi orang yang baru berkenalan, memang terlihat membingungkan, tapi jika kita serius untuk membuat blog, semuanya akan mudah apalagi untuk membuat blog profesional.


Layanan blog dapat dilakukan dengan sistem penyimpan sendiri yang sering menggunakan hosting pribadi atau sering disebut blog berbayar dan cara lainnya dengan menggunakan layanan blog gratis untuk bikin blog itu sendiri. Ada banyak layanan yang menyediakan blog gratis, beberapa diantaranya : blogger.com , wordpress.com , blogdetik.com , blog.com , dan masih banyak lagi lainnya yang bisa anda cari di google.

Di dunia maya, tutorial cara membuat blog pun bertebaran di mana-mana. Dengan sedikit kesabaran dan kemauan mencoba, blog yang sederhana bisa Anda sulap menjadi secantik website karya web designer profesional!

Membuat blog di blogspot, misalnya. Blogspot adalah penyedia layanan blog gratis yang sangat memanjakan penggunanya. Fitur-fiturnya semakin hari semakin canggih saja, sehingga  memungkinkan pengguna berkreasi menciptakan desain yang cantik tanpa harus menguasai kode-kode HTML yang njelimet.

Tips Membuat Blog Pribadi

Untuk membuat blog pribadi sama halnya dengan bikin blog biasa, bagi yang masih bingung membuat blog pribadi kami sediakan tips dan trik cara membuat blog pribadi.
  1. Memiliki Email ( Email sangat penting untuk semua hal yang berhubungan di internet, anda bisa mendaftar email di gmail.com, mail.yahoo.com, atau mail.live.com.
  2. Penyedia jasa blog. Pilih yang Anda sukai dan sekiranya cocok dengan minat Anda. Sebut saja wordpress, blogspot, multiply, dsb. Atau jika Anda ingin blog keroyokan semacam politikana, kompasiana, detik, dsb.
  3. Tema blog. Untuk mempercantik blog Anda sekarang telah banyak tema (template) blog. Gratis loh. Jika terkendala soal cara ada baiknya menyimak tips yang telah disediakan di sana. Gampang kok.
  4. Posting berkala. Bukan kala ada kala nggak yah. Tapi benar berkala. Jadwal posting tulisan rutin semisal 3-4 artikel seminggu.
  5. Topik blog. Blog pribadi Anda sebaiknya fokus membahas topik tertentu. Semisal politik, diary, musik, dsb. Sehingga para pengunjung blog pribadi Anda bisa fokus juga dalam menyimak tulisan.
  6. Blog walking. Sering sering mengunjungi blog orang lain. Sekadar mengucap salam dan sapa. Tapi, jangan asal promosi blog pribadi Anda yah. Lebih baik memberi komentar sesuai dengan apa yang dikomentari.
Demikian Cara Membuat Blog,  Membuat blog pribadi sama hal dengan Anda menanamkan identitas di jagad maya. Jadi, karakter Anda akan mempengaruhi blog personal tersebut. Usahakan blog pribadi Anda bermanfaat bagi banyak orang. Ketika orang membacanya akan terinspirasi. Read, write, and inspiring!